KONFERENSI NASIONAL HUKUM ACARA PERDATA II

KONFERENSI NASIONAL HUKUM ACARA PERDATA II

Surabaya, 25-28 Agustus 2015

 

Fakultas Hukum Universitas Airlangga akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Nasional Hukum Acara Perdata II yang merupakan kegiatan ilmiah tahunan Asosiasi Dosen Hukum Acara Perdata (ADHAPER) yang menghimpun para dosen PTN yang menekuni dan mendalami ilmu Hukum Acara Perdata sebagai bidang ajar dan penelitian. Konferensi kali ini mengambil tema Hukum Acara Perdata Nasional dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi.

Sebagaimana diketahui bersama, dalam satu dekade terakhir globalisasi yang didorong oleh perkembangan teknologi informasi dan transportasi yang sangat pesat telah mengubah tatanan global dunia menuju pada pasar bebas dan kecenderungan pembentukan komunitas regional. Situasi demikian ini tentu meningkatkan potensi sengketa yang terjadi secara lintas batas negara. Secara bersamaan, terdapat pihak-pihak yang memiliki posisi yang lebih lemah (seperti: konsumen, buruh, masyarakat adat) yang perlu mendapatkan perlindungan hukum melalui akses pada keadilan. Untuk itu pemikiran-pemikiran bagi pembaharuan Hukum Acara Perdata Indonesia yang menjamin akses pada keadilan dan perlindungan hukum bagi semua orang secara proporsional menjadi hal yang signifikan untuk dilakukan.

 

Topik-topik pilihan yang akan didiskusikan dalam konferensi kali ini meliputi:

  1. Pembaharuan Hukum Acara Perdata Nasional;
  2. Memperluas Akses Keadilan dalam Penyelesaian Perkara Perdata;
  3. Hukum Acara Perdata Indonesia dan Tatanan Masyarakat ASEAN;
  4. Model-model Penyelesaian Sengketa Keperdataan (Negosiasi, Mediasi, Konsiliasi, Arbitrase, Kepailitan, Perselisihan Hubungan Industrial, dll.)

 

Dalam konferensi ini lima guru besar di bidang Hukum Acara Perdata akan menyampaikan gagasan-gagasannya dalam dua plenary session, di samping itu telah terpilih 30 makalah yang akan dipresentasikan dalam parallel session. Kegiatan konferensi akan berlangsung selama empat hari dengan agenda umum sebagai berikut:

Selasa, 25 Agustus 2015: Musyawarah Kerja Nasional ADHAPER (terbatas untuk anggota ADHAPER);

Rabu, 26 Agustus 2015   : Konferensi Nasional Hukum Acara Perdata II (konferensi hari 1);

Kamis, 27 Agustus 2015: Konferensi Nasional Hukum Acara Perdata II (konferensi hari 2);

Jumat, 28 Agustus 2015: City Tour (optional, sudah termasuk dalam biaya konferensi).

Kegiatan akan diselenggarakan di Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Kampus B, Jalan Dharmawangsa Dalam, Surabaya 60286.

 

Kami mengundang para akademisi dan praktisi untuk hadir dalam Konferensi Nasional Hukum Acara Perdata II sebagai pendiskusi (discussants) untuk memberikan masukan dan saran pada makalah-makalah yang akan dipresentasikan sehingga meningkatkan kualitas dan bobot ilmiah. Makalah-makalah terseleksi akan dipublikasikan di Jurnal Hukum Acara Perdata ADHAPER.

 

Informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaraan konferensi ini dapat menghubungi e-mail jurnal.adhaper@gmail.com atau Sdr. Sujayadi, LL.M. (081332809554) atau Dr. Ghansham Anand (081332666308).

 

Unduhan:

  1. Formulir Partisipasi Audiens.
  2. Jadwal Kegiatan.
  3. Pembagian Parallel Session.
  4. Informasi Mengenai Transportasi dan Akomodasi di tempat kegiatan.

 

Panitia Konferensi Nasional Hukum Acara Perdata II

Asosiasi Dosen Hukum Acara Perdata (ADHAPER)

Jalan Progo No. 17

Bandung

 

Departemen Hukum Perdata
Fakultas Hukum Universitas Airlangga
Gedung A, Lt.2, Jalan Dharmawangsa Dalam
Surabaya 60286
Tel. (031) 5023151 ext. 148, Fax. (031) 5020454, E-mail. perdata@fh.unair.ac.id
http://fh.unair.ac.id